Salah satu alasan bangsa-bangsa barat berlomba-lomba datang di kepulauan indonesia adalah

Salah satu alasan bangsa-bangsa barat berlomba-lomba datang di kepulauan indonesia adalah. . . .

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah karena Indonesia menjadi salah satu wilayah penghasil komoditas yang sangat diperlukan bangsa-bangsa Barat, yakni rempah-rempah.

Pembahasan:

Indonesia merupakan daerah khatulistiwa yang alamnya sangat subur juga Indonesia mempunyai hasil tambang yang banyak jenisnya. Lokasi negara Indonesia juga sangat strategis terletak di antara dua benua dan dua samudra sehingga menghasilkan banyak rempah-rempah yang berharga.Alasan bangsa-bangsa barat berlomba datang ke Indonesia adalah karena kekayaan alam yang melimpah dan lokasi yang strategis.

Kesimpulan:

Bangsa-bangsa barat berlomba datang ke kepulauan Indonesia karena Indonesia menjadi salah satu wilayah penghasil komoditas yang sangat diperlukan bangsa-bangsa Barat, yakni rempah-rempah.

 

Pertanyaan Serupa :

Pada awal abad XX Belanda menghadapi perang di Eropa yang menyebabkan kerugian keuangan sangat besar. Cara Belanda untuk menutup kerugian tersebut adalah…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah culturestelsel atau sistem tanam paksa.

Culturestelsel atau sistem tanam paksa adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda yang dikeluarkan di era Gubernur Jenderal Johannes van Den Bosch.
Latar belakang culturestelsel adalah untuk mengisi khas pemerintah Belanda yang sedang mengalami kosongan kas atau keuangan Belanda akibat pengeluaran yang besar dalam menghadapi perang Diponegoro, perang Padri, dan Revolusi Belgia.

Sistem tanam paksa berlangsung tahun 1830–1870 dan memberikan keuntungan besar bagi Belanda. Sistem tanam paksa memaksa rakyat pribumi untuk menanam dan menyerahkan secara cuma–cuma 20% dari tanah garapannya. Jenis tanaman yang harus ditanam rakyat pribumi pun tidak sembarang, antara lain yang harus ditanam seperti kopi, tebu, dan nila.

Dengan demikian, pada awal abad XX Belanda menghadapi perang di Eropa yang menyebabkan kerugian keuangan sangat besar. Cara Belanda untuk menutup kerugian tersebut adalah dengan melaksanakan culturestelsel atau sistem tanam paksa di Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment