Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha dan Islam

Bagaimanakah perkembangan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha dan Islam?

Jawaban

Perubahan struktur sosial masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha adalah adanya sistem pengkastaan di masyarakat sedangkan pada masa islam sudah tidak ada sistem pengkastaan

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini

Pada masa Hindu-Buddha masyarakat Hindu terbagi dalam empat golongan yang disebut kasta. Keempat kasta tersebut adalah kasta Brahmana, kasta Ksatria, kasta Waisya, dan kasta Sudra. Di luar kasta tersebut masih ada golongan masyarakat yang tidak termasuk dalam kasta, yaitu mereka yang masuk dalam kelompok Paria.

  1. Kasta Brahmana. Kasta Brahmana merupakan kasta tertinggi. Kaum Brahmana bertugas menjalankan upacara- upacara keagamaan.
  2. Kasta Ksatria. Kasta Ksatria merupakan kasta yang bertugas menjalankan pemerintahan. Golongan kasta ksatria seperti raja, bangsawan, dan prajurit masuk dalam kelompok tersebut.
  3. Kasta Waisya. Kasta Waisya merupakan kasta dari rakyat biaya, yaitu petani dan pedagang.
  4. Kasta Sudra. Kasta Sudra adalah kasta dari golongan hamba sahaya dan para budak.

Sementara golongan Paria merupakan golongan yang tidak diterima dalam kasta masyarakat Hindu.
Ketika Islam masuk ke Indonesia, Masyarakat Indonesia merespon positif masuknya agama Islam karena ada dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal antara lain, syarat masuk Islam sangatlah mudah, tidak ada kasta dalam Islam dan penyebaran Islam disebarkan secara damai.

Pertanyaan Lain

Gerakan non blok adalah oraganisasi yang terdiri atas lebih dari 100 negara yang tidak menganggap dirinya beraliansi dengan

Originally posted 2022-05-27 05:47:13.

Leave a Comment