jelaskan kaitan mataram islam dan mataram kuno

jelaskan kaitan mataram islam dan mataram kuno

Jawaban

Tidak memiliki hubungan, keduanya adalah kerajaan dengan corak yang berbeda. Mataram Kuno sistem kepercayaan yang dianut adalah Hindu-Buddha, sedangkan Mataram Islam sistem kepercayaan yang dianut adalah Islam.

Simak pembahasan berikut ini ya !

Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindhu-Buddha yang pernah eksis di wilayah Nusantara pada abad ke-8 M, dengan pusatnya ada di Jawa Tengah. Raja pertama atau dinasti pertama yang mendirikan Kerajaan Mataram Kuno adalah Sanjaya. Sedangkan Mataram Islam merupakan kerajaan Islam yang berdiri sekitar abad ke-16 M. Didirikan oleh Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati.

Pusat kerajaan terletak di Kotagedhe. Dari segi peninggalan pun kedua kerajaan ini juga berbeda, peninggalan kerajaan Mataram Kuno berupa candi, contohnya Candi Prambanan dan Borobudur. Sedangkan contoh peninggalan Mataram Islam adalah kompleks Kotagedhe.

Dengan demikian, Mataram Kuno dan Islam tidak memiliki hubungan, keduanya adalah kerajaan dengan corak yang berbeda. Mataram Kuno sistem kepercayaan yang dianut adalah Hindu-Buddha, sedangkan Mataram Islam sistem kepercayaan yang dianut adalah Islam.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment