jelaskan tentang makna sumpah pemuda dalam perjuangan republik Indonesia

jelaskan tentang makna sumpah pemuda dalam perjuangan republik Indonesia

Jawaban

Jawabannya yaitu melahirkan semangat persatuan dan kebangsaan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Sumpah pemuda adalah ikrar atau janji yang dilakukan oleh seluruh organisasi pemuda Indonesia yang berisikan komitmen untuk menjadi satu tanah air, satu tumpah darah, dan satu bahasa yang berdaulat demi menggapai cita-cita bangsa, yakni kemerdekaan negara Indonesia.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah langkah awal dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan para pemuda, terutama dalam persiapan mengusir penjajah.

Makna sumpah pemuda tersebut adalah melahirkan semangat persatuan dan kebangsaan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Semangat Sumpah Pemuda mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 ketika Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Sejak itu, Indonesia yang terdiri atas berbagai etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Kemerdekaan memberikan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Jadi, makna sumpah pemuda dalam perjuangan republik Indonesia adalah melahirkan semangat persatuan dan kebangsaan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment