tuliskan cara-cara perang dingin yang dilakukan antara blok barat dengan blok timur yg dapat merubah tata hubungan dunia

tuliskan cara-cara perang dingin yang dilakukan antara blok barat dengan blok timur yg dapat merubah tata hubungan dunia!

Jawaban

Diantara cara Perang Dingin yaitu terjadinya konflik di negara-negara yang baru merdeka pasca Perang Dunia II. Konflik tersebut antara lain Perang di Korea dan Vietnam.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Pasca Perang Dunia II, muncul dua negara adidaya pemenang perang. Kedua negara tersebut, yaitu Blok Barat berideologi liberal-kapitalis dibawah Amerika Serikat dan Blok Timur berideologi komunis dibawah Uni Soviet. Munculnya kedua blok tersebut memicu terjadinya persaingan serta perebutan pengaruh yang dikenal dengan nama Proxy War atau Perang Dingin.

Adanya persaingan kedua blok tersebut, membuat negara-negara lain, terutama kawasan Asia Afrika khawatir wilayah mereka akan dijadikan arena persaingan dan perebutan pengaruh. Kondisi ini bisa menyebabkan ketidakstabilan politik dan ekonomi di kawasan tersebut.

Kekhawatiran mereka menjadi kenyataan dengan munculnya beberapa konflik di kawasan Asia seperti Perang Vietnam dan Perang Korea. Dalam dua konflik tersebut, pihak-pihak internal yang bersengketa atau berkonflik mendapatkan dukungan dari masing-masing blok.

Korea Utara dan Vietnam Utara mendapatkan dukungan dari Blok Timur (Uni Soviet), sedangkan pihak lawannya, Korea Selatan dan Vietnam Selatan mendapatkan dukungan dari Blok Barat (AS). Dalam persaingan antara kedua blok tersebut, kedua blok memang tidak pernah berhadapan secara langsung dalam perang terbuka.

Berdasarkan pemaparan di atas, diantara cara Perang Dingin antara kedua Blok yaitu terjadi perebutan pengaruh dari negara-negara yang baru merdeka. Perebutan pengaruh kedua blok tersebut membuat konflik yang dikenal dengan Perang Korea dan Perang Vietnam.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment