Agenda sidang BPUPKI yang pertama tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 adalah membahas dan merumuskan tentang

Agenda sidang BPUPKI yang pertama tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 adalah membahas dan merumuskan tentang…

a. dasar dan falsafah negara Indonesia merdeka
b. alat-alat kelengkapan negara Indonesia
c. pembentukan PPKI
d. perencanaan kemerdekaan Indonesia

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas yaitu A. Dasar dan falsafah negara Indonesia merdeka

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah salah satu badan yang dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Tujuan utama BPUPKI adalah menyelidiki hal-hal penting yang berhubungan dengan tata pemerintah, ekonomi, dan politik yang berkaitan dengan persiapan kemerdekaan Indonesia.

Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 di Gedung Cuo Sangi In di Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat. Sidang ini dipimpin oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat dengan 12 anggotanya. Pada hasil sidang BPUPKI pertama adalah perumusan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Dengan demikian jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas adalah A. Dasar dan falsafah negara Indonesia merdeka

Pertanyaan Serupa :

jelaskan tujuan serikat dagang islam berubah menjadi serikat islam!

Jawaban

Sarekat Dagang Islam diubah menjadi Sarekat Islam karena bertujuan agar keanggotaan organisasi tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, namun juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Awalnya, Sarekat Islam adalah organisasi dagang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh K.H Samanhudi pada 16 Oktober 1905. Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama antara pedagang Islam untuk memajukan kesejahteraan pedagang Islam Indonesia.

Selain itu, Samanhudi juga ingin meruntuhkan dominasi pedagang etnis China di sektor perekonomian Indonesia. Pada tahun 1912, H.O.S Tjokroaminoto mengubah nama organisasi Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam dengan tujuan agar keanggotaan organisasi ini tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, namun juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Dengan demikian, tujuan Serikat Dagang Islam berubah menjadi Serikat Islam agar keanggotaan organisasi tidak hanya terbatas pada golongan pedagang, tetapi juga terbuka bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment