Wahidin Soedirohoesodo adalah salah satu tokoh kebangkitan nasional yang memiliki gagasan bahwa tujuan didirikannya Budi Utomo adalah untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan martabat bangsa

Wahidin Soedirohoesodo adalah salah satu tokoh kebangkitan nasional yang memiliki gagasan bahwa tujuan didirikannya Budi Utomo adalah untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan martabat bangsa. Berdasarkan pernyataan di atas, tindakan masa kini yang sesuai dengan gagasan Wahidin Soedirohoesodo tentang pendidikan adalah ….

A. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga selalu belajar serius di sekolah.
B. Indah ingin sekolah yang tinggi agar menjadi seorang karyawan di perusahaan terkenal.
C. Diana merasa sangat sedih ketika melihat temannya putus sekolah karena tidak ada biaya.
D. Tere senantiasa membantu temannya yang kesulitan belajar di sekolah.

Jawaban

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah A. Bagi Gina, pendidikan akan membantunya keluar dari kemiskinan sehingga selalu belajar serius di sekolah

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Wahidin Soedirohoesodo adalah salah satu tokoh kebangkitan nasional yang berperan dalam pendirian Budi Utomo. Organisasi ini menjadi organisasi pertama yang muncul pada masa kebangkitan nasional dan berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Menurut Wahidin Soedirohoesodo, Budi Utomo bertujuan untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan martabat bangsa di tengah penjajahan yang dilakukan oleh Belanda.

Dalam memaknai gagasan Wahidin Soedirohoesodo tentang pendidikan di atas, tindakan masa kini yang sesuai ditunjukkan oleh opsi A. Hal ini dikarenakan pendidikan akan membantu Gina dalam keluar dari kemiskinan, sehingga ia berusaha untuk belajar dengan serius di sekolah. Ini sesuai dengan tujuan dari Budi Utomo, yaitu untuk membantu meningkatkan martabat bangsa di tengah masa penjajahan Belanda.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment