Jelaskan Dampak positif dan dampak negatif kemajuan teknologi!

Jelaskan Dampak positif dan dampak negatif kemajuan teknologi!

Jawaban

Jawabannya adalah dampak positif yaitu mempermudah komunikasi dan penyebaran informasi, membantu pertukaran pelajar dan budaya. Selain itu dampak negatifnya yaitu mengurangi kualitas dari komunikasi dan membuat orang-orang cenderung lebih individualis, serta sebagainya.

Teknologi adalah suatu alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Teknologi dapat berdampak positif dan negatif.

Dampak positif teknologi yaitu :

  1. Mempermudah komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain.
  2. Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat.
  3. Informasi yang ada di masyarakat dapat langsung disebarkan dan diterima oleh masyarakat.
  4. Mempermudah pertukaran berbagai macam budaya yang ada di belahan bumi.
  5. Mempermudah adanya pertukaran pelajar antar negara

Mempermudah pendistribusian karya-karya anak bangsa seperti musik, film, fashion maupun lainnya ke negara lain.

Dampak negatif teknologi adalah :

  1. Perubahan dalam komunikasi karena orang -orang cenderung memilih berkomunikasi melalui ponsel daripada datang langsung untuk bertemu secara tatap muka. Hal tersebut dapat mengurangi kualitas dari komunikasi dan cenderung lebih individualis.
  2. Timbulnya orang -orang yang lebih mencintai budaya asing ketimbang budayanya sendiri. Akibatnya nilai-nilai budaya yang sudah turun temurun akan hilang dan identitas budaya negara setempat juga akan hilang.
  3. Menurunnya moral karena budaya negatif dapat mudah diakses dengan mudah dari internet. Contohnya saja, pornografi, kekerasan, dan juga budaya buruk lainnya. Jika yang ditiru adalah budaya negatifnya, maka moral suatu bangsa akan menurun, terutama untuk remaja dan juga anak-anak.
  4. Terciptanya anti sosial karena teknologi membuat seseorang akan lebih menikmati waktunya dengan komputer dan di rumah ketimbang bersosialisasi dengan orang lain. Hal tersebut membuat kecanduan internet adalah dapat menciptakan anti sosial di dalam dirinya.

Jadi, teknologi berdampak positif yaitu mempermudah komunikasi dan penyebaran informasi, membantu pertukaran pelajar dan budaya. Selain itu dampak negatif teknologi yaitu mengurangi kualitas dari komunikasi dan membuat orang-orang cenderung lebih individualis, serta sebagainya.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment