Penyerangan demak terhadap portugis di malaka mengalami kegagalan sehingga pati unus memutuskan agar demak memperkuat pertahanan lautnya dengan tujuan

Penyerangan demak terhadap portugis di malaka mengalami kegagalan sehingga pati unus memutuskan agar demak memperkuat pertahanan lautnya dengan tujuan ….

Jawaban

Meenghalau serangan Portugis.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Sepeninggal Raden Patah, Kerajaan Demak dipimpin oleh Pati Unus yang sangat terinspirasi dari Gajah Mada untuk menjadikan Demak menjadi Kerajaan maritim terbesar. Oleh sebab itu, Pati Unus mulai membangun Demak menjadi kerajaan yang kuat dan kokoh. Pati Unus juga pernah menyerang Portugis di Malaka karena Portugis memberikan kerugian bagi perdagangan di Demak.

Namun, penyerangan ini gagal karena kalah dalam persenjataan maupun benteng Portugis yang cukup kuat. Pati Unus kemudian kembali ke Demak dan memperkuat pertahanan Demak terutama memperkuat Armada kelautannya untuk menghalau Portugis yang mungkin akan menyerang balik kerajaan Demak.

Dengan demikian, tujuan Pati Unus memperkuat pertahanan adalah menghalau Portugis yang mungkin akan menyerang balik kerajaan Demak.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment