sebutkan dan jelaskan aliran dalam agama budha yang berkembang di indonesia !

sebutkan dan jelaskan aliran dalam agama budha yang berkembang di indonesia !

Jawaban

Jawabannya adalah Buddha Mahayana dan Buddha Theravada (atau Hinayana). Keduanya memiliki persamaan tentang tujuan agama untuk melepaskan umat manusia dari Samsara serta mengikuti ajaran Sakhyamuni Buddha (Siddharta gautama).

Agama Buddha pertama kali masuk ke Nusantara (sekarang Indonesia) sekitar pada abad ke-5 Masehi. Tokoh pembawa dan penyebar agama Budha di Indonesia adalah para pedagang dari India dan China. Melalui jalur perdagangan ini, mereka turut andil dalam menyebarkan agama Budha di Indonesia. Dua aliran terbesar dalam agama Buddha adalah Buddha Mahayana dan Buddha Theravada (atau Hinayana). Keduanya memiliki persamaan tentang tujuan agama untuk melepaskan umat manusia dari Samsara.

Keduanya juga mengikuti ajaran Sakhyamuni Buddha (Siddharta gautama). Nama “Mahayana (kendaraan besar) digunakan oleh penganut aliran ini, yang menekankan peran boddhisatwa dalam menuju Nirwana. Nama “Hinayana (kendaraan kecil)” dianggap tidak cocok dan merendahkan oleh penganut aliran ini, dan mereka lebih memilih menggunakan istilah “Theravada (ajaran para pendahulu)”.

Jadi aliran dalam agama budha yang berkembang di Indonesia yaitu Buddha Mahayana dan Buddha Theravada (atau Hinayana). Keduanya memiliki persamaan tentang tujuan agama untuk melepaskan umat manusia dari Samsara serta mengikuti ajaran Sakhyamuni Buddha (Siddharta gautama).

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment