Apa pengaruh perhimpunan Indonesia bagi pergerakan pemuda di Indonesia pada masa radikal?

Apa pengaruh perhimpunan Indonesia bagi pergerakan pemuda di Indonesia pada masa radikal?

Jawaban

Jawabannya adalah mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia, membangkitkan ide-ide anti kolonial, dan mengkritik pemerintah kolonial.

Perhimpunan Indonesia (PI) ialah salah satu organisasi yang lahir pada masa pergerakan nasional yang dibentuk di Belanda pada tahun 1908 oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di sana. Organisasi ini termasuk kedalam organisasi yang radikal karena kritiknya terhadap pemerintah kolonial secara terang-terangan.

Awalnya perhimpunan Indonesia bergerak di bidang sosial-budaya saja namun sejak hadirnya Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat maka PI pada tahun 1913 mulai memikirkan pentingnya organisasi tersebut bagi bangsa Indonesia.

Pada perkembangannya PI kemudian menerbitkan majalah yang berjudul Hindia Poetra yang diasuh oleh Moh. Hatta. Majalah tersebut seringkali berisikan mengenai ide-ide anti kolonial. PI yang diwakili oleh Drs. Moh. Hatta berhasil menarik simpati liga berbagai kongres pemuda dengan resolusinya yang mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia.

Jadi pengaruh Perhimpunan Indonesia yaitu mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia, membangkitkan ide-ide anti Kolonial, dan mengkritik pemerintah kolonial.

Pertanyaan Serupa :

Kesepakatan yang manakah yang diingkari Belanda dan yang membuat Indonesia mengambil tindakan militer?

Jawaban

Kesepakatan Linggarjati

Pembahasan

Kesepakatan linggarjati merupakan kesepakatan yang dilakukan oleh Belanda dan Indonesia dimana dalam kesepakatan tersebut memuat pengakuan de facto atas Indonesia oleh Belanda. Dalam kesepakatan tersebut diakui bahwa Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari jawa, madura, dan sumatra. Namun kesepakatan ini dilanggar oleh Belanda pada 25 Maret 1947.

Belanda secara sepihak mengerahkan pasukannya untuk merebut daerah-daerah penting di Sumatera dan Jawa yang menurut perjanjian Linggarjati merupakan daerah Indonesia. Hal ini mendorong Indonesia untuk melawan Belanda dan mempertahankan daerah-daerah yang diserang Belanda.

Jadi, kesepakatan yang diingkari oleh Belanda sehingga membuat Indonesia mengambil tindakan militer adalah kesepakatan Linggarjati.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment