kerajaan perak diyakini sebagai kerajaan islam tertua di indonesia. bukti yang menyebutkan perak sebagai kerajaan islam tertua di indonesia adalah

kerajaan perak diyakini sebagai kerajaan islam tertua di indonesia. bukti yang menyebutkan perak sebagai kerajaan islam tertua di indonesia adalah ….

a. penemuan nisan makam sultan milik as-salah yang berasal dari abad xiii masehi
b. hikayat raja pasai yang menyebutkan marah silu sebagai pengauasa perlak
c. laporan marco polo yang eprnah singggah di perlak pada abad xiii masehi
d. kunjungan laksamana cheng ho ke perlak pada abad xv masehi
e. letak strategis kota perlak di tepi selat malaka

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah C.

Berikut penjelasannya ya.

Kerajaan Perlak dianggap merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia yang berdiri di wilayah Aceh Timur. Bukti yang menyebutkan Perlak sebagai kerajaan Islam tertua di Indonesia adalah laporan Marco Polo yang pernah singggah di Perlak pada abad XIII Masehi.

Kerajaan Perlak berdiri pada 1 Muharram 225 H (840 M) dengan raja pertamanya Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah. Semula raja tersebut bernama Saiyid Abdul Aziz. Kemudian kepemimpinan dilanjutkan oleh Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdrrahim Syah.

Selanjutnya, kursi raja Perlak diisi oleh Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abbas Syah di tahun 285-300 H. Kemudian, di tahun 302 H kepemimpinan dipegang oleh Sultan Alaidin Saiyid Maulana Ali Mughayar Syah. Kepemimpinan raja silih berganti hingga 18 kali dan terakhir dipimpin oleh Sultan Makhdum Alaidin Malik Abdul Aziz Syah Johan Berdaulat di tahun 662-692 H atau 1263 sampai 1292 M dan akhirnya Kerajaan Perlak runtuh.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalag C. Laporan Marco Polo yang pernah singggah di Perlak pada abad XIII Masehi.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment