Ekspedisi Spanyol yang pertama untuk menemukan wilayah penghasil rempah-rempah dilakukan oleh

Ekspedisi Spanyol yang pertama untuk menemukan wilayah penghasil rempah-rempah dilakukan oleh…

a. bartholomeus diaz
b. colombus
c. ferdinand magellhaens
d. sebastian del cano

Jawaban

c. ferdinand magellhaens.

Simak penjelasan berikut.

Ferdinand Magelhaens bersama Kapten Juan Sebastian del Cano dan sastrawan Italia Pigafetta melakukan ekspedisi mencari daerah penghasil rempah-rempah.

Ekspedisi Ferdinand Magellan dan Juan Sebastián del Cano dimulai pada tahun 1519. Ferdinand Magellan bersama Kapten Juan Sebastián del Cano dan sastrawan Italia Pigafetta melakukan ekspedisi untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah. Sesuai isi Perjanjian Tordesillas, Spanyol berlayar ke arah barat melalui Samudera Atlantik pada 10 Agustus 1519 dan sampai di Kepulauan Massava (Filipina) pada 1521.

Berdasarkan ini, jawabannya adalah c. ferdinand magellhaens.

Pertanyaan Serupa :

Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama Indonesia yang memiliki arah gerakan di bidang sosial budaya dan pendidikan. Tetapi memasuki tahun 1915 dengan munculnya organisasi beraliran politik mendorong budi utomo untuk ikut serta dalam kancah perpolitikan Hindia Belanda. Salah satu tindakannya adalah menginginkan pembentukan…

Jawaban

Jawabannya adalah Volksraad (dewan rakyat) bagi pribumi.

Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama Indonesia yang memiliki arah gerakan di bidang sosial budaya dan pendidikan. Tetapi memasuki tahun 1915 dengan munculnya organisasi beraliran politik mendorong Budi Utomo untuk ikut serta dalam kancah perpolitikan Hindia Belanda. Perubahan haluan ini terjadi karena adanya pengaruh dari organisasi pergerakan lain yang bercorak politik, seperti Indische Partij dan Sarekat Islam.

Salah satu tindakannya adalah menginginkan pembentukan dewan rakyat (volksraad) bagi para penduduk pribumi. Tujuan Budi Utomo berpolitik adalah untuk mendapat bagian dalam pemerintahan yang akan dipegang oleh golongan pelajar pribumi.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment