pernyataan berikut yang mendeskripsikan sejarah sebagai kisah adalah

pernyataan berikut yang mendeskripsikan sejarah sebagai kisah adalah …..

a. sejarah suatu komnitas yang sangat penting untuk dikisahkan agar menjadi pelajaran bagi banyak orang
b. sejarah bersifat objektif karena didasarkan pada fakta yang dapat diuji kebenarannya
c. sejarah hanya satu kali terjadi dan tidak dapat diulang dengan cara yang persis sama
d. sejarah itu merupakan sebuah narasi yang menceritakan peristiwa dan pengalaman masa lampau manusia
e. sejarah melibatkan emosi dan menggunakan bahasa yang khas agar tidak membosankan pembaca

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah D. sejarah itu merupakan sebuah narasi yang menceritakan peristiwa dan pengalaman masa lampau manusia

Berikut penjelasannya ya.

Sejarah dapat dikatakan sebagai kisah karena sejarah merupakan kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun kembali. Banyak orang-orang yang mencoba menafsirkannya dan juga membangun ulang ingatan-ingatan akan kejadian masa lalu itu.

Kejadian-kejadian itu kemudian disusun secara ilmiah berdasarkan fakta-fakta pada masa tersebut. Selanjutnya fakta-fakta itu ditafsirkan dan dijelaskan secara terperinci, sehingga dapat memberi pengertian tentang yang terjadi pada masa lalu.

Sejarah sebagai kisah memiliki sifat subjektif sebagai hasil penggambaran atau penuturan. Sejarah sebagai kisah bersifat subjektif karena tergantung pada penafsiran dari penyusun kisah sejarah tersebut. Sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang telah disusun atau direkonstruksi dari ingatan, kesan, dan tafsiran manusia terhadap peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. sejarah itu merupakan sebuah narasi yang menceritakan peristiwa dan pengalaman masa lampau manusia.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment