Sebut dan jelaskan peran pangeran Diponegoro!

Sebut dan jelaskan peran pangeran Diponegoro!

Jawaban

Peran Pangeran Diponegoro adalah memimpin Perang Jawa (1825-1830) dengan menggunakan siasat gerilya untuk melawan Belanda.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Perang Diponegoro atau Perang Jawa terjadi selama periode tahun 1825 hingga 1830 antara rakyat Jawa melawan pemerintah Hindia Belanda. Perang ini dipimpin oleh Pangeran Diponegoro dari Kesultanan Yogyakarta. Awalnya perang ini berlangsung di Yogyakarta, tapi meluas hingga ke Jawa Timur.

Sebab khusus perang ini ialah karena Pangeran Diponogoro tersinggung atas aksi Belanda membuat jalan raya yang melintasi makam leluhur Pangeran Diponegoro di Tegalrejo (Yogyakarta), yang tidak meminta izin padanya dahulu sehingga dianggap penghinaan.

Dalam pertempuran/perang Jawa ini, Pangeran Diponegoro melkukan siasat gerilya yang ternyata berhasil merepotkan pertahanan Belanda. Untuk mematahkan dominasi atau mempersempit ruang gerak dari pasukan Pangeran Diponegoro dalam perang, pada 1827 Jenderal de Kock menerapkan siasat Benteng Stelsel. Karena keberhasilannya dan atas kemenangan Belanda pada Perang Diponegoro, strategi ini kembali digunakan dalam Perang Padri.

Dengan demikian, peran Pangeran Diponegoro adalah memimpin Perang Jawa (1825-1830) dengan menggunakan siasat gerilya untuk melawan Belanda.

 

Pertanyaan Serupa :

Perhatikan pernyataan berikut!

1. batu kasar
2. hidup menetap
3. nomaden
4. terdapat peninggalan paleolitikum

Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri zaan batu tengah adalah…

a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 4
d. 2, 3, 4

Jawaban

C. 1, 3, dan 4

Pembahasan

Zaman batu tengah atau dikenal sebagai zaman mesolitikum. Zaman ini berlangsung diantara zaman paleolitikum dan neolitikum. Corak kehidupan pada masa ini tidak jauh berbeda dengan masa paleolitikum, dimana kehidupan manusia masih berpindah-pindah dan mengandalkan berburu dalam mencari makanan. Namun pada masa Mesolithikum akhir, manusia telah mulai hidup semi menetap. Hasil dari kebudayaan Mesolithikum adalah kjokkenmoddinger dan abris sous roche.

Jadi, jawaban yang tepat adalah
C. 1, 3, dan 4

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment