Apa pengaruh perhimpunan Indonesia bagi pergerakan pemuda di Indonesia pada masa radikal?

Apa pengaruh perhimpunan Indonesia bagi pergerakan pemuda di Indonesia pada masa radikal?

Jawaban

Jawabannya adalah mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia, membangkitkan ide-ide anti kolonial, dan mengkritik pemerintah kolonial.

Perhimpunan Indonesia (PI) ialah salah satu organisasi yang lahir pada masa pergerakan nasional yang dibentuk di Belanda pada tahun 1908 oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di sana. Organisasi ini termasuk kedalam organisasi yang radikal karena kritiknya terhadap pemerintah kolonial secara terang-terangan.

Awalnya perhimpunan Indonesia bergerak di bidang sosial-budaya saja namun sejak hadirnya Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat maka PI pada tahun 1913 mulai memikirkan pentingnya organisasi tersebut bagi bangsa Indonesia.

Pada perkembangannya PI kemudian menerbitkan majalah yang berjudul Hindia Poetra yang diasuh oleh Moh. Hatta. Majalah tersebut seringkali berisikan mengenai ide-ide anti kolonial. PI yang diwakili oleh Drs. Moh. Hatta berhasil menarik simpati liga berbagai kongres pemuda dengan resolusinya yang mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia.

Jadi pengaruh Perhimpunan Indonesia yaitu mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia, membangkitkan ide-ide anti Kolonial, dan mengkritik pemerintah kolonial.

Pertanyaan Serupa :

Pada tahun 1870 dikeluarkan UU Agraria (Agrarische Wet) dan UU Gula (Suiker Wet) yang membuat Belanda mengeluarkan adanya kebijakan pintu terbuka, yaitu…

a. perdagangan bebas
b. ekspor impor barang dipermudah
c. terbuka terhadap investor asing
d. barang masuk ke indonesia tanpa pajak

Jawaban

C. Terbuka terhadap investor asing

Pembahasan

Dampak dari diberlakukannya UU Agraria dan UU Gula tahun 1870 adalah kemunculan kebijakan politik pintu terbuka. Merupakan masa awal dari kegiatan liberal di Indonesia yang memberikan kesempatan yang luas bagi pihak swasta untuk menjalankan roda perekonomian di Hindia Belanda/Indonesia.

Tanah sekaligus pekerja dianggap milik perorangan maka dapat disewakan atau diperjualbelikan. Pemerintah hanya akan mengawasi kegiatan perekonomian, sedangkan kegiatannya dijalankan oleh pihak swasta sebagai penanam modal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah
C. Terbuka terhadap investor asing

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment