Pemerintah Hindia Belanda semenjak tahun 1830 menyelenggarakan sistem tanam paksa

Pemerintah Hindia Belanda semenjak tahun 1830 menyelenggarakan sistem tanam paksa, karena sistem ini merupakan cara yang paling gampang untuk mengisi kas pemerintahan Belanda yang dipakai untuk membangun, membayar utang, serta menyehatkan keuangan negeri Belanda. Jelaskan latar belakang dilaksanakannya kebijakan tersebut!

Jawaban

Kebijakan ini dilatar belakangi oleh upaya peningkatan ekonomi Belanda untuk melunasi hutang luar negeri pemerintah Belanda dan kekosongan kas negara akibat beban biaya perang dalam perlawanan bersenjata kepada rakyat Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada tahun 1830, Gubernur Jenderal Belanda Johannes van den Bosch mencetuskan kebijakan tanam paksa pada rakyat Indonesia. Kebijakan ini dilatar belakangi oleh upaya peningkatan ekonomi Belanda untuk melunasi hutang luar negeri pemerintah Belanda dan kekosongan kas negara akibat beban biaya perang dalam perlawanan bersenjata kepada rakyat Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada masa ini rakyat dipaksa untuk menanami tanaman ekspor yang laku dipasaran Eropa pada lahan mereka seperti kopi, nila, kina, tebu dan teh atau bekerja di perkebunan pemerintah sebagai gantinya. Pada kenyataan yang sebenarnya dalam pelaksanaan praktik tanam paksa banyak terjadi penyelewengan yang menimbulkan adanya penyiksaaan dan penderitaan bagi rakyat pribumi.

Dengan demikian, kebijakan ini dilatar belakangi oleh upaya peningkatan ekonomi Belanda untuk melunasi hutang luar negeri pemerintah Belanda dan kekosongan kas negara akibat beban biaya perang dalam perlawanan bersenjata kepada rakyat Indonesia.

Pertanyaan Serupa :

Di bawah ini merupakan ciri pergerakan nasional sesudah tahun 1900…

a. senjata yang digunakan masih sangat sederhana
b. kurangnya persatuan dan kesatuan
c. pemimpin perjuangan dari golongan bangsawan
d. mulai munculnya persatuan dan kesatuan nasional

Jawaban

Jawaban yang benar adalah d. mulai munculnya persatuan dan kesatuan nasional

Soal menanyakan dari keempat opsi jawaban tersebut manakah yang termasuk ciri pergerakan nasional sesudah tahun 1900.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Perjuangan sesudah tahun 1900 dipimpin oleh kaum terpelajar. Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia setelah tahun 1900 adalah sebagai berikut:

1. Mulai munculnya persatuan dan kesatuan nasional.
2. Menggunakan organisasi modern.
3. Dipimpin oleh golongan terpelajar.
4. Tidak bergantung kepada seorang pemimpin.
5. Tujuannya jelas, yaitu Indonesia merdeka.

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah d. mulai munculnya persatuan dan kesatuan nasional

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment