Pada akhirnya VOC dibubarkan oleh pemerintah Belanda, karena mengalami kemunduran. Berikut ini yang bukan faktor kemunduran VOC adalah

Pada akhirnya VOC dibubarkan oleh pemerintah Belanda, karena mengalami kemunduran. Berikut ini yang bukan faktor kemunduran VOC adalah…

a. jatuhnya negara Belanda akibat ketangan Perancis
b. banyaknya korupsi di tubuh VOC
c. beban utang VOC yang cukup besar
d. banyaknya biaya perang dengan rakyat Indonesia yang ditanggung VOC

Jawaban

Jawaban yang benar adalah a. jatuhnya negara Belanda akibat ketangan Perancis

Soal menanyakan dari keempat opsi jawaban tersebut manakah yang bukan termasuk faktor kemunduran VOC.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Terdepat beberapa faktor penyebab kemunduran VOC seperti: VOC mengalami kemunduran karena banyak pegawai VOC yang melakukan praktik korupsi di semua level birokrasi, besarnya biaya pengeluaran VOC untuk kebutuhan perang, terlalu banyak gaji dan pembagian keuntungan harus dibayarkan, adanya saingan dagang baru di Asia,beban utang VOC yang cukup besar, dan perubahan politik di Belanda.

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah a. jatuhnya negara Belanda akibat ketangan Perancis

Pertanyaan Serupa :

Kesepakatan yang manakah yang diingkari Belanda dan yang membuat Indonesia mengambil tindakan militer?

Jawaban

Kesepakatan Linggarjati

Pembahasan

Kesepakatan linggarjati merupakan kesepakatan yang dilakukan oleh Belanda dan Indonesia dimana dalam kesepakatan tersebut memuat pengakuan de facto atas Indonesia oleh Belanda. Dalam kesepakatan tersebut diakui bahwa Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari jawa, madura, dan sumatra.

Namun kesepakatan ini dilanggar oleh Belanda pada 25 Maret 1947. Belanda secara sepihak mengerahkan pasukannya untuk merebut daerah-daerah penting di Sumatera dan Jawa yang menurut perjanjian Linggarjati merupakan daerah Indonesia. Hal ini mendorong Indonesia untuk melawan Belanda dan mempertahankan daerah-daerah yang diserang Belanda.

Jadi, kesepakatan yang diingkari oleh Belanda sehingga membuat Indonesia mengambil tindakan militer adalah kesepakatan Linggarjati.

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment