Bagaimana upaya mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Bagaimana upaya mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

Jawaban

Jawabannya adalah dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk simak pembahasannya!

Pancasila terdiri atas dua suku kata, yaitu panca dan sila. Panca artinya lima dan sila artinya dasar. Jadi Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara, yang artinya Pancasila merupakan norma dasar dalam penyelenggaraan negara dan merupakan sistem ketatanegaraan negara Indonesia. Pancasila juga berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa.

Hal ini berarti kita menjadikan Pancasila sebagai pedoman di setiap hal yang kita lakukan. Maka dari itu untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup sikap kita seharusnya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pertanyaan Serupa :

Tujuan dari Organisasi Budi Utomo adalah ….

Jawaban

Jawaban yang tepat yaitu memperoleh perbaikan sosial serta kemajuan yang harmonis bagi nusa dan bangsa Jawa dan Madura.

Salah satu kebijakan Politik Etis yang diterapkan Belanda untuk penduduk Hindia Belanda (Indonesia) adalah edukasi atau pendidikan. Dengan adanya politik edukasi, dr. Sutomo, mahasiswa School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten (STOVIA), beserta kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi bernama Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Berdirinya Budi Utomo tidak lepas dari peran dr Wahidin Sudirohusodo, seorang keturunan bangsawan yang berusaha memperjuangkan nasib bangsanya dan memperbaiki masyarakat Jawa melalui pendidikan Barat.

Budi Utomo adalah organisasi modern pertama kali di Indonesia yang artinya organisasi ini mempunyai pemimpin, ideologi jelas dan anggota. Budi Utomo menjadi organisasi pergerakan nasional yang pertama berdiri di Indonesia. Budi Utomo mempunyai program yang cenderung ke arah bidang sosial karena organisasi politik dilarang oleh pemerintah Hindia Belanda pada saat itu. Tujuan Budi Utomo adalah memperoleh perbaikan sosial serta kemajuan yang harmonis bagi nusa dan bangsa Jawa dan Madura.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah memperoleh perbaikan sosial serta kemajuan yang harmonis bagi nusa dan bangsa Jawa dan Madura.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment