penerapan ideologi sosialisme

penerapan ideologi sosialisme

Jawaban

Jawabannya adalah koperasi.

Yuk simak pembahasannya!

Sosialisme adalah paham atau ajaran kenegaraan dan ekonomi, yang berusaha supaya harta benda, industri, dan perusahaan menjadi milik negara. Sosialisme menitikberatkan pada kesetaraan, kesejahteraan dan keadilan. Ideologi sosialisme berdasarkan demokrasi di Indonesia menghormati dan pengakuan kesamaan manusia. Sosialisme di Indonesia terdapat dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27 ayat 2, pasal 33, dan pasal 34. Pasal tersebut mewujudkan negara kesejahteraan yang berlandaskan kesetaraan.

Idelogi sosialisme diterapkan dalam beberapa aspek kehidupan bernegara. Namun Indonesia tidak dapat dikatakan sebagai penganut sosialisme seutuhnya, karena Indonesia berideologi Pancasila. Salah satu penerapan idelogi Sosialisme di Indonesia yaitu didirikannya koperasi.

Koperasi dibangun atas kerja sama dan gotong royong dari seluruh anggotanya. Koperasi mengutamakan kerjasama dengan asas kekeluargaan antara manusia pribadi, bebas dari penindasan dan paksaan. Tujuannya menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibanding sebelum bergabung dengan koperasi.

Jadi, penerapan ideologi Sosialisme adalah koperasi.

Pertanyaan Serupa :

organisasi pergerakan nasional yang didirikan oleh perkumpulan dokter jawa disebut

a Budi Utomo
b perhimpunan dokter jawa
c perserikatan dokter jawa indonesia
d STOVIA

Jawaban

Jawaban yang benar adalah a. Budi Utomo

Cermati penjelasan berikut ya!

Boedi Oetomo merupakan sebuah organisasi pelajar yang didirikan oleh dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA seperti yang telah disebutkan tadi. Boedi Oteomo didirikan di Jakarta pada 20 Mei 1908. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, kebudayaan, serta tidak bersifat politik.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah a. Budi Utomo

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment