pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa pancasila menjadi

pancasila sebagai dasar negara mengandung arti bahwa pancasila menjadi

Jawaban

Jawabannya adalah dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan.

Yuk simak pembahasannya!

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yakni panca dan sila. Panca berarti lima dan sila berarti dasar. Istilah Pancasila sudah dikenal sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Sila-sila yang terdapat dalam Pancasila sudah diterapkan oleh kedua kerajaan tersebut maupun masyarakatnya.

Pancasila sebagai dasar negara berarti Pancasila dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan. Pancasila sebagai dasar negara digunakan untuk mengatur semua tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Artinya, segala yang berkaitan dengan penyelenggaraan ketatanegaraan RI harus berlandaskan pada Pancasila. Selain itu, artinya juga seluruh peraturan yang berlaku di Indonesia harus berlandaskan Pancasila.

 

Pertanyaan Serupa ;

setiap warga negara wajib mematuhi konstitusi karena konstitusi adalah

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah merupakan hukum dasar dan hukum tertinggi.

Yuk simak pembahasan berikut.

Konstitusi atau Undang-undang Dasar atau yang sering disingkat UUD dalam suatu negara merupakan sebuah norma pada sistem politik dan hukum bentukan pemerintahan yang ada di sebuah negara. Konstitusi ini harus dipatuhi oleh setiap warga negara karena konstitusi ini sendiri merupakan hukum dasar dan hukum tertinggi.

Dengan demikian, setiap warga negara wajib mematuhi konstitusi karena konstitusi merupakan hukum dasar dan hukum tertinggi.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment