sebutkan contoh kewajiban warga negara

sebutkan contoh kewajiban warga negara

Jawaban

Jawabannya adalah menaati hukum, membayar pajak, menghargai orang lain, mengikuti pendidikan dasar dan melakukan pembelaan kedaulatan negara.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut:

Kewajiban warga negara dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang warga negara dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kewajiban sebagai warga dari negara Indonesia sudah diatur dalam UUD 1945, yaitu:

1. Pasal 27 ayat 1
Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

2. Pasal 27 ayat 3
Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

3. Pasal 28 J ayat 1
Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

4. Pasal 28 J ayat 2
Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.

5. Pasal 30 ayat 1
Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

6. Pasal 31 ayat 2
Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Oleh karena itu, contoh kewajiban warga negara adalah menaati hukum, membayar pajak, menghargai orang lain, mengikuti pendidikan dasar dan melakukan pembelaan kedaulatan negara.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment