untuk menghadapi persaingan dagang dengan yang terjadi di indonesia maka belanda membentuk

untuk menghadapi persaingan dagang dengan yang terjadi di indonesia maka belanda membentuk…

Jawaban

Jawabannya adalah membentuk VOC (Verenigde-Oost Indische Compagne)

Pembahasan :

untuk menghadapi persaingan dagang dengan yang terjadi di indonesia maka belanda membentuk membentuk VOC (Verenigde-Oost Indische Compagne. VOC adalah organisasi perdagangan belanda yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. organisasi ini didirikan dengan tujuan:

  1. Menghilangkan persaingan dan kerugian dari belanda
  2. Menyatukan tenaga untuk bersaing dengan negara lain khususnya portugis
  3. Mencari keuntungan agar bisa memenuhi kebutuhan perang melawan spanyol

Jadi untuk menghadapi persaingan dagang dengan yang terjadi di indonesia maka belanda membentuk VOC (Verenigde-Oost Indische Compagne)

Pertanyaan Serupa :

mengapa para pedagang nusantara yang telah berinteraksi dengan bangsa bangsa lain di kota kota dagang internasional menjadi kelompok sosial yang paling berpengaruh atas kelompok lainnya di indonesia pada saat itu?

Jawaban

Pertumbuhan jaringan dagang internasional dan antar pulau melahirkan kekuatan politik di Nusantara. Artinya, kerajaan yang besar dan kuat akan menguasai wilayah-wilayah yang lebih luas di Nusantara. Kemudian merka mampu mengontrol politik wilayah sekitarnya.

Perhatikan pembahasan berikut !

Selama masa Hindu-Buddha, jaringan perdagangan dan budaya antar bangsa dan penduduk di pulau Indonesia juga tumbuh pesat. Hal ini karena terhubung oleh jaringan Laut Jawa hingga Kepulauan Maluku. Secara tidak langsung integrasi juga terjadi dengan jaringan ekonomi dunia. Komoditas penting yang menjadi barang dagang pada saat itu adalah kayu manis, cengkeh, dan pala.

Pertumbuhan jaringan dagang internasional dan antar pulau ini kemudian melahirkan kekuatan politik di Nusantara. Kelompok dagang atau kerajaan yang besar dan kuat akan memiliki pengaruh yang besar dalam hal wilayah kekuasaannya. Mereka juga dapat mempengaruhi dan mengontrol politik wilayah di sekitarnya.

Dengan demikian, Pertumbuhan jaringan dagang internasional dan antar pulau melahirkan kekuatan politik di Nusantara. Artinya, kerajaan yang besar dan kuat akan menguasai wilayah-wilayah yang lebih luas di Nusantara. Kemudian merka mampu mengontrol politik wilayah sekitarnya.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment