Manusia mulai hidup menetap walaupun hanya untuk sementara waktu dan mulai mengenal cara bercocok tanam sederhana

Manusia mulai hidup menetap walaupun hanya untuk sementara waktu dan mulai mengenal cara bercocok tanam sederhana. Selain itu, tampak kegiatan-kegiatan manusia yang menghasilkan sesuatu yang belum dicapai pada masa sebelumnya seperti lukisan di dinding gua atau dinding karang. Ilustrasi tersebut merupakan ciri kehidupan manusia purba pada masa ….

A. berburu dan mengumpulkan makanan
B. berburu dan mengumpulkan makan tingkat lanjut
C. bercocok tanam
D. perundagian

Jawaban

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B. berburu dan mengumpulkan makan tingkat lanjut

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Periodisasi kehidupan manusia praaksara dibagi menjadi tiga zaman menurut arkeologi yaitu Paleolitikum, Mesolitikum, dan Neolitikum. Zaman Mesolitikum (zaman batu madya) berlangsung pada masa Holosen sekitar 10.000 tahun yang lalu. Pada masa Mesolitikum, manusia sudah mulai hidup menetap di gua-gua meskipun masih sementara.

Manusia pada masa ini sudah memasuki masa berburu dan meramu tingkat lanjut. Hal ini dilihat dari cara mereka memperoleh makanan dengan cara berburu dan mulai mengenal sistem bercocok tanam yang menandakan bahwa manusia pada masa ini sudah maju dari masa sebelumnya meski masih bergantung pada alam.

Peninggalan-peninggalan yang terkenal pada masa ini adalah lukisan di gua-gua, kjokkenmodinger (sampah dapur yang berasal dari kerang), pebble (kapak genggam), dan lain-lain. Pada masa ini, manusia sudah mengenal sistem kepercayaan dan penguburan mayat. Manusia pendukung pada zaman ini adalah manusia dari ras Papua Melanesoid.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment