Budi Utomo dibentuk dengan salah satu tujuan adalah

Budi Utomo dibentuk dengan salah satu tujuan adalah ….

a. membebaskan Jawa dari kolonial Belanda
b. memajukan pendidikan STOVIA
C. memajukan kebudayaan Jawa
d. memajukan pengajaran dan kebudayaan

Jawaban

Jawabannya yaitu a. membebaskan Jawa dari kolonial Belanda.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Salah satu kebijakan Politik Etis yang diterapkan Belanda untuk penduduk Hindia Belanda (Indonesia) adalah edukasi atau pendidikan. Maka dr Soetomo (Sutomo), mahasiswa School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten (STOVIA), beserta kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi bernama Boedi Oetomo ( Budi Utomo) pada 20 Mei 1908.

Tujuan Budi Utomo adalah mengusahakan kemajuan yang selaras buat negeri dan bangsa, terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian dan peternakan, perdagangan, teknik, industri dan kebudayaan.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah a. membebaskan Jawa dari kolonial Belanda.

Pertanyaan Serupa :

pada saat tradisi pelayaran masyarakat praaksara menggunakan perahu sederhana dimana pada sisi kanan dan kiri dipasang alat dari bamboo dan kayu agar perahu tidak mudah oleng. perahu ini dinamakan….

Jawaban

Perahu bercadik

Simak pembahasan berikut ini ya !

Perahu bercadik adalah perahu yang memiliki tangkai kayu di kedua sisi sebagai alat penyeimbang. Perahu ini digunakan sebagai alat transportasi untuk mengarungi lautan menuju kepulauan Indonesia dan pulau-pulau lain di Austronesia.

Berdasarkan bukti sejarah, untuk menyeberangi lautan dari daratan Asia Tenggara seperti Malaysia dan sekitarnya, nenek moyang bangsa Indonesia melakukan pelayaran secara berkelompok dan menggunakan alat transportasi berupa perahu bercadik.

Dengan demikian, perahu yang dimaksud adalah perahu bercadik.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment