jelaskan reaksi rakyat indonesia terhadap awal kedatangan bangsa barat serta setelah menjajah di indonesia!

jelaskan reaksi rakyat indonesia terhadap awal kedatangan bangsa barat serta setelah menjajah di indonesia!

Jawaban

Awal kedatangan mereka disambut baik namun karena lambat laun kehadiran mereka dianggap merugikan, rakyat Indonesia memutuskan untuk mengangkat senjata dan mengusir bangsa barat.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Kedatangan bangsa Eropa ke wilayah Indonesia ditandai dengan kedatangan Portugis yang bertujuan untuk berdagang rempah-rempah. Sejak saat itu banyak pedagang-pedagang bangsa barat yang melakukan aktfitasnya di Nusantara. Kedatangan mereka tentu disambut dengan baik layaknya pedagang dari bangsa-bangsa yang lain.

Tujuan mereka yang berdagang diharapkan memberikan keuntungan bagi rakyat Indonesia. Namun, mereka yang disambut dengan baik tidak memberikan balasan yang baik. Tergiur oleh keuntungan perdagangan yang berlipat-lipat, bangsa barat mulai bertindak curang dan melakukan monopoli perdagangan rempah. Bangsa barat membeli rempah rakyat Indonesia dengan murah namun melarang untuk menjual rempah kepada pedagang bangsa lain.

Bangsa Eropa juga mulai berebut untuk mendominasi perdagangan di Nusantara. Akibatnya muncul perlawanan dari rakyat Nusantara, upaya untuk mengusir para pedagang asing yang merugikan. Beberapa daerah yang mengangkat senjata seperti Maluku, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Dengan demikian, Awal kedatangan mereka disambut baik namun karena lambat laun kehadiran mereka dianggap merugikan, rakyat Indonesia memutuskan untuk mengangkat senjata dan mengusir bangsa barat.

 

Pertanyaan Serupa :

pokok pikiran kedua dalam pembukaan uud 1945 adalah keadilan sosial, yakni suatu tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai bangsa indonesia, dan merupakan kausa finalis yang berarti….

Jawaban

Sebab dan tujuan

Pembahasan !

pokok pikiran kedua dalam pembukaan uud 1945 adalah keadilan sosial, yakni suatu tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai bangsa indonesia, dan merupakan kausa finalis yang berarti sebab dan tujuan.

Hal ini merupakan pancaran sila kelima Pancasila yang dimaksudkan supaya masyarakat memiliki pengertian dan kesadaran akan hak-hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap individu. Hal ini merupakan pancaran sila kelima Pancasila yang dimaksudkan supaya masyarakat memiliki pengertian dan kesadaran akan hak-hak dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap individu.

Dengan demikian, pernyataan tersebut merupakan kausa final yang berarti sebab dan tujuan.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment