mengapa kedatangan belanda di saparua di sambut dng semangat perlawanan oleh rakyat maluku dibawah pimpinan pattimura?

mengapa kedatangan belanda di saparua di sambut dng semangat perlawanan oleh rakyat maluku dibawah pimpinan pattimura?

Jawaban

Rakyat Maluku tidak mau terus menderita dibawah keserakahan bangsa belanda, oleh karena itu, mereka melakukan perlawanan untuk menentang kebijakan belanda di bawah pimpinan komando Kapitan Pattimura.

Simak pembahasan berikut ini ya !

Pada awal abad 19, kawasan Maluku kembali berada dibawah kekuasaan Belanda setelah Inggris menandatangani perjanjian traktat London dengan menyerahkan wilayah kekuasaan Indonesia kepada Belanda. Adapun penyebab dari perlawanan rakyat Maluku pada saat itu antara lain :

  1. Tindakan monopoli perdagangan rempah-rempah yang dilakukan Belanda melalui pelayaran Hongi di Maluku.
  2. Timbulnya kesengsaraan Maluku karena kebijakan penyerahan wajib berupa penyerahan ikan asin, kopi dan hasil laut lainnya kepada Belanda.
  3. Sikap Residen Saparua yang memberlakukan masyarakat Maluku dengan sewenang-wenang.

Dengan demikian, semangat perlawanan rakyat Maluku terjadi karena rakyat Maluku tidak mau terus menderita dibawah keserakahan bangsa belanda, oleh karena itu, mereka melakukan perlawanan untuk menentang kebijakan belanda di bawah pimpinan komando Kapitan Pattimura.

 

Pertanyaan Serupa :

peninggalan candi dari masa hindu-buddha yang sangat kuat mencerminkan ketinggian karya lokal genius bangsa indonesia dalarn bidang akulturasi adalah candi….

Jawaban

Jawabannya yaitu candi muaro jambi.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Peninggalan candi dari masa Hindu Budha yang sangat kuat mencerminkan ketinggian karya local genius bangsa Indonesia dalam bidang akulturasi adalah candi muaro jambi, penataran dan sukuh.
Candi Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di asia tenggara, dengan luas 3981 hektar. yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah candi muaro jambi.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment