Berikut ini yang merupakan pengaruh budaya Hindu-Budha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam bidang ekonomi adalah

Berikut ini yang merupakan pengaruh budaya Hindu-Budha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam bidang ekonomi adalah…

A. masyarakat Indonesia mulai mengenal cara bercocok tanam di sawah
B. berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha menggantikan animisme
C. berkembangnya pusat-pusat kerajaan yang berperan sebagai pusat perdagangan
D. berkembangnya seni bangunan berupa candi bercorak Hindu dan budha

Jawaban

C. berkembangnya pusat-pusat kerajaan yang berperan sebagai pusat perdagangan.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Sejak terbentuknya jalur perdagangan laut yang menghubungkan India dan Cina, kegiatan perdagangan di Kepulauan Indonesia berkembang pesat. Daerah pantai timur Sumatera menjali jalur perdagangan yang ramai dikunjungi para pedagang. Kapal-kapal dagang dari India dan Cina banyak yang singgah untuk menambah persediaan makanan dan minuman, menjual dan membeli barang dagangan, atau menanti waktu yang baik untuk berlayar, kemudian muncul pusat-pusat perdagangan yang berkembang menjadi pusat kerajaan.

Agama Hindu-Budha adalah agama yang dibawa oleh para pedangang dari India yang sudah maju dalam bidang pelayaran dan perdagangan saat itu.

Jadi, jawaban dari pertanyaan diatas adalah C. berkembangnya pusat-pusat kerajaan yang berperan sebagai pusat perdagangan.

Pertanyaan Serupa :

Masa Pemerintah Orde baru dimulai tahun 1966 hingga 1998, diawali dengan dikeluarkannya Supersemar dan berakhir dengan adanya gerakan yang menghendaki adanya perubahan yang disebabkan hal berikut ini:

a. Terjadinya KKN dan adanya dampak negatif kebijakan pemerintah
b. Pelaksanaan program pembangunan jangka pendek(Pelita)
c. Adanya pelaksanaan program Eka Prasetya Pancakarsa
d. Terjadinya kemiskinan di berbagai wilayah

Jawaban

A. Terjadinya KKN dan adanya dampak negatif kebijakan pemerintah

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Akhir dari masa Orde Baru ditandai dengan adanya krisis multidimensional yakni krisis yang terjadi disegala bidang kehidupan masyarkat. Krisis di Indonesia diawali dengan krisis moneter lalu merambat kepada ekonomi yang anjlok bagi Indonesia. Rakyat juga sudah mulai bosan dengan berbagai aturan pengekangan pemerintah yang membatasi ruang gerak.

Praktik KKN di kalangan pejabat pemerintahan membuat rakyat sudah tidak percaya dengan rwzim Orde Baru. Hal-hal tersebut membuat rakyat memutuskan untuk bergerak dan menutut adanya reformasi atau perubahan menuju Indonesia yang baru. Gerakan ini didorong oleh para mahasiswa dan tokoh cendekiawan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi A. Terjadinya KKN dan adanya dampak negatif kebijakan pemerintah

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment