meganthropus palaeojavanicus merupakan jenis manusia purba tertua di indonesia. fakta ini didukung oleh bukti

meganthropus palaeojavanicus merupakan jenis manusia purba tertua di indonesia. fakta ini didukung oleh bukti….

Jawaban

Jawabannya adalah ditemukannya bukti fosil berumur 1-2 juta tahun menurut umur stratigrafi..

Simak penjelasan di bawah ini.

Meganthropus Paleojavanicus adalah jenis manusia purba primitif (paling tua) yang pernah ditemukan di Indonesia. Fosil manusia purba tertua itu pertama kali ditemukan di Sangiran pada formasi Pucangan oleh arkeolog G.H.R Von Koenigswald dan Weidenreich sekitar antara tahun 1936-1941.
Fakta ini didukung oleh bukti fosil berumur 1-2 juta tahun menurut umur stratigrafi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah ditemukannya bukti fosil berumur 1-2 juta tahun menurut umur stratigrafi.

 

Pertanyaan Serupa :

Pada akhir pemerintahannya Airlangga kesulitan dalam menunjuk penggantinya, untuk menghindari perselisihan maka kerajaan di bagi dua atas bantuan Pu Barada yaitu Jenggala dengan ibukotanya Kahuripan dan Panjalu dengan ibukotanya Daha yang merupakan kerajaan…

Jawaban

Ibukota Daha merupakan ibukota Kerajaan Kediri.

Simak penjelasan berikut.

Pada akhir masa kepemimpinannya, Raja Airlangga dari Kerajaan Medang Kamulan memutuskan untuk membagi dua wilayah kekuasaannya. Kedua wilayah tersebut dibagi kepada kedua puteranya dari para selir. Keputusan tersebut dilakukan oleh Airlangga dikarenakan puteri mahkotanya menolak sebagai penerus serta untuk menghindarkan konflik perebutan kekuasaan.

Oleh karena keputusan tersebut, Kerajaan Medang Kamulan dibagi atas dua, yaitu; Jenggala dengan ibukota Kahuripan dan Kerajaan Kediri dengan ibukota Daha. Bersamaan dengan keputusan membagi dua wilayah tersebut, maka berakhir pulalah Kerajaan Medan Kamulan.

Jadi, ibukota Daha merupakan ibukota dari Kerajaan Kediri.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment