jelaskan pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan!

jelaskan pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan!

Jawaban

Pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan, yaitu:

1. Di dirikannya sekolah-sekolah
2. Mengajarkan ajaran agama Katolik pada warga pribumi
3. Munculnya golongan cendekiwan

Belanda diketahui sudah menjajah Indonesia sejak awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20. Penjajahan bangsa Belanda yang berlangsung selama tiga abad tentu telah memberikan dampak besar bagi Indonesia tidak hanya negatif melainkan juga dampak positif, salah satunya di bidang ilmu pengetahuan.

Dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan adalah didirikannya sekolah-sekolah seperti STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) dan HBS (Hoogeree Burgelijk School). Eropa pertama kalinya mendirikan sekolah untuk mengajarkan ajaran agama Katolik bagi para pribumi dari daerah Timur seperti Maluku. Kemudian setelah kebijakan Politik Etis diterapkan, pendidikan semakin dianggap penting karena berguna untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor-sektor swasta dan pemerintahan.

Hal ini lantas juga memberikan dampak yang sangat baik bagi rakyat Indonesia. Mereka mulai mengenyam sistem pendidikan Barat, mendapat ilmu pengetahuan baru, mampu membaca, menulis, dan menghitung. Selain itu, dampak positif kolonialisme di bidang pendidikan adalah munculnya golongan elite cendikiawan di Indonesia.

Dengan demikian pengaruh penjajahan belanda bagi indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan adalah di dirikannya sekolah, mengajarkan ajaran agama, dan munculnya golongan cendekiawan di Indonesia.

Pertanyaan Serupa :

masyarakat pada masa praaksara mendapatkan makanan dari alam sekitar tempat tinggal mereka. apabila mereka berada di gunung, mereka berburu hewan di hutan sebagai bahan makanan mereka. apabila mereka tinggal di tepi sungai perairan, mereka memanfaatkan ikan dan hewan laut sebagai bahan makanan. berikut ini merupakan bukti bahwa kehidupan manusia praaksara bergantung dari alam adalah….

a. penemuan kubur batu yang berfungsi sebagai makan di wilayah kali
b. penemuan kjokkenmoddinger di sepanjang pantai timur sumatera
c. lukisan uap telapak tangan di dinding goa elang-elang sulawesi
d. wilayah pacitan sebagai sumber ditemukannya peralatan batu

Jawaban

Jawabannya adalah B. penemuan kjokkenmoddinger di sepanjang pantai timur Sumatera.

Simak penjelasan di bawah ini.

Masa praaksara adalah zaman manusia belum mengenal tulisan. Indonesia memasuki zaman sejarah kira-kira awal abad ke-5. Catatan angka tahun tertua diketahui dari batu-batu bertulis yang ada di aliran Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Pada masa itu, manusia purba belum mengenal cara bercocok tanam. Mereka sangat bergantung pada alam yang tersedia.

Di Indonesia sendiri kjokkenmodinger digunakan untuk menyebut timbunan sampah kerang yang banyak ditemukan di pesisir Sumatera bagian utara.

Hal ini merupakan bukti bahwa masyarakat praaksara pernah tinggal di tepi sungai perairan. Mereka memanfaatkan ikan dan hewan laut sebagai bahan makanan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah B. penemuan kjokkenmoddinger di sepanjang pantai timur sumatera

Leave a Comment