dwifungsi abri merupakan konsep yang identik dengan masa orde baru. indikator pelaksanaan konsep tersebut adalah

dwifungsi abri merupakan konsep yang identik dengan masa orde baru. indikator pelaksanaan konsep tersebut adalah ….

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ABRI menjadi salah satu fraksi dalam Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) berperan penting untuk menjaga stabilitas negara dari serangan dalam maupun dari luar negeri. Dwifungsi ABRI pada masa orde baru adalah gagasan yang menjelaskan bahwa TNI memiliki dua tugas utama, yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara. Kemudian kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara. Karena salah satu tugas ABRI adalah memegang kekuasaan dan mengatur negara, maka anggota ABRI memperoleh kursi di MPR dan DPR tanpa perlu mengikuti pemilu.

Jadi, dwifungsi ABRI merupakan konsep yang identik dengan masa orde baru. Indikator pelaksanaan konsep tersebut adalah ABRI menjadi salah satu fraksi dalam Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pertanyaan Serupa :

praaksara atau prasejarah merupakan kurun waktu (zaman) pada saat manusia belum menganal tulisan atau huruf. praaksara disebut juga zaman nirleka, yaitu zaman tidak ada tulisan. setelah manusia mengenal tulisan maka disebut zaman sejarah. berakhirnya zaman prasejarah setiap bangsa berbeda-beda berdasarkan perkembangan setiap bangsa serta informasi yang masuk ke bangsa itu.misalnya bangsa mesir kuno meninggalkan zaman praaksara sekitar 4000 sm, bangsa sumeria dan dravida meninggalkan zaman praaksara sekitar 3000 sm, sedangkan bangsa indonesia meninggalkan zaman praaksara 400 masehi. bangsa indonesia memasuki masa sejarah diperkirakan terjadi pada abad ….

Jawaban

Abad ke-4

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Praaksara atau prasejarah merupakan kurun waktu (zaman) pada saat manusia belum menganal tulisan atau huruf. praaksara disebut juga zaman nirleka, yaitu zaman tidak ada tulisan. Setelah manusia mengenal tulisan maka disebut zaman sejarah. berakhirnya zaman prasejarah setiap bangsa berbeda-beda berdasarkan perkembangan setiap bangsa serta informasi yang masuk ke bangsa itu.

Bangsa Indonesia memasuki masa sejarah diperkirakan terjadi pada abad 4 M. Hal itu ditandai dengan penemuan Prasasti Yupa yang merupakan peninggalan Kerajaan Kutai bercorak Hindu dari Kalimantan Timur. Tulisan pada prasasti Yupa sendiri beraksara Pallawa dan berbahasa Sanskerta.

Dengan demikian, bangsa Indonesia memasuki masa sejarah diperkirakan terjadi pada abad 4 M.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment