Bagaimana ciri fisik bangsa Indonesia awal kemerdekaan?

Bagaimana ciri fisik bangsa Indonesia awal kemerdekaan?

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Ciri fisik bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan memiliki ciri khusus berupa mengarah pada revolusi fisik.’

Soal menanyakan ciri fisik bangsa Indonesia awal kemerdekaan.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Nasionalisme Indonesia pada masa awal kemerdekaan memiliki ciri khusus berupa mengarah pada revolusi fisik. Hal ini bisa terjadi karena pada masa kemerdekaan, semangat revolusi fisik sangat kental terasa dalam keseharian kehidupan masyarakat Indonesia.

Salah satu revolusi fisik yang pernah dilalui bangsa Indonesia adalah peristiwa penting yang terjadi pada masa revolusi fisik adalah pecahnya Peristiwa Pertempuran Puputan Margarana.

Peristiwa Pertempuran Puputan Margarana yang pecah pada 20 November 1946 antara milisi Indonesia pimpinan I Gusti Ngurah Rai melawan pasukan Belanda yang berambisi menguasai Bali meninggalkan sebuah pelajaran penting bagi setiap anak bangsa bahwa berjuang total sampai titik darah penghabisan merupakan sebuah keniscayaan dalam upaya meraih cita-cita mulia.

Tekad I Gusti Ngurai Rai bersama pasukannya dalam mempertahankan kedaulatan bangsa, totalitas dan semangat perlawanan mereka terhadap penjajah walau harus mengorbakan jiwa serta raga adalah nilai positif yang bisa ditiru untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahwa dalam meraih suatu cita-cita mulia siapapun harus berjuang secara total sebagaimana makna dari Pertempuran Puputan Margarana sendiri yang berarti peperangan sampai titik darah penghabisan.

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah ‘Ciri fisik bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan memiliki ciri khusus berupa mengarah pada revolusi fisik.’

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment