peninggalan sejarah pada masa islam adalah bangunan masjid. bangunan masjid ini memiliki bentuk yang unik, yaitu beratap tumpang. atap masjid bertumpang adalah

peninggalan sejarah pada masa islam adalah bangunan masjid. bangunan masjid ini memiliki bentuk yang unik, yaitu beratap tumpang. atap masjid bertumpang adalah….

a. atap yang bersusun atau bertingkat
b. atap yang memiliki pustaka
c. atap yang berbentuk kubah
d. atap yang berbentuk lancip

Jawaban

Jawabannya adalah a. atap yang bersusun atau bertingkat.

Masjid kuno peninggalan kerajaan islam merupakan peninggalan yang sangat bersejarah dan mempunyai nilai seni. Masjid yang paling terkenal yaitu Masjid Agung Demak. Sampai saat ini masjid kuno masih digunakan sebagai tempat ibadah umat islam dengan beberapa renovasi guna menjaga peninggalan sejarah tersebut.

Ada beberapa ciri khas dari masjid kuno yang dibangun oleh raja-raja islam pada masanya. Salah satunya yaitu atap bangunan masjid yang berbentuk tumpang. Atap yang berbentuk tumpang yaitu atap yang bersusun atau bertingkat seperti nasi tumpang yang semakin ke atas semakin kecil.

Jadi, atap masjid bertumpang adalah a. atap yang bersusun atau bertingkat.

Pertanyaan Serupa :

1. perang saparua
2. perang paderi
3. perang baabullah
4. perlawanan mataram
5. perang banjar

menurut data tersebut adalah yang termasuk perlawanan terhadap pemerintah hindia belanda ditunjukkan dengan nomor….

Jawaban

Jawabannya adalah nomor 1,2,4 dan 5.

Perang menghadapi pemerintah hindia belanda diantaranya:

1. Perang Saparua
Perang ini terjadi karena tindakan sewena-wena Belanda terhadap rakyat Maluku. Pusat perlawanan rakyat berada di Saparua, sehingga disebut perang Saparua. Yang didaulat menjadi pemimpin pasukan saat itu adalah Kapitan Pattimura.

2. Perang Padri.
Perang ini pada awalnya terjadi antarau kaum adat dan kaum padri. Namun menjadi perang melawan pemerintah hindia belanda karena mereka memihak pada kaum adat. Kaum padri pada saat itu dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.

3. Perlawanan Mataram
Perang Mataram dipicu oleh Belanda yang membangun kantor dagang di Batavia. Pada saat itu Mataram dipimpin oleh rajanya yaitu Sultan Agung melakukan perlawanan terhadap VOC.

4. Perang Banjar
Perang yang terjadi di wilayah kesultanan Banjar yang mencakup wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Perang Banjar dipelopori oleh tokoh-tokoh yaitu Pangeran Hidayatullah dan Pangeran Antasari dari Kesultanan Banjar, serta Aling (Panembahan Muning) yang merupakan tokoh perjuangan dari pedalaman Borneo. Perang ini dipicu oleh ikut campurnya Belanda dalam pemerintahan kesultanan Banjar.

Jadi, perlawanan terhadap pemerintah hindia belanda ditunjukkan dengan nomor 1,2,4 dan 5.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment