sikap yang menunjukkan meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi adalah

sikap yang menunjukkan meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi adalah

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ikut serta dalam pelaksanaan proses pemilu yang dilakukan secara jujur dan adil, tidak melanggar peraturan yang berlaku di negara, siap untuk ikut membela negara disaat negara nya sedang terancam, tidak melakukan tindakan yang merugikan negara seperti tindakan korupsi, selalu menepati pembayaran pajak negara.

Perlu diketahui bahwa meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi merupakan butir pengamalan Pancasila sila ke-3. Butir-butir nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap yang menunjukkan meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi antara lain yaitu ikut serta dalam pelaksanaan proses pemilu yang dilakukan secara jujur dan adil, tidak melanggar peraturan yang berlaku di negara, siap untuk ikut membela negara disaat negara nya sedang terancam, tidak melakukan tindakan yang merugikan negara seperti tindakan korupsi, selalu menepati pembayaran pajak negara.

Jadi, sikap yang menunjukkan meletakkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi adalah ikut serta dalam pelaksanaan proses pemilu yang dilakukan secara jujur dan adil, tidak melanggar peraturan yang berlaku di negara, siap untuk ikut membela negara disaat negara nya sedang terancam, tidak melakukan tindakan yang merugikan negara seperti tindakan korupsi, selalu menepati pembayaran pajak negara.

Pertanyaan Serupa :

tindak lanjut bagian kedua dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tertuang dalam pembukaan UUD 1945, yaitu pada

a. alinea pertama
b. alinea kedua
c. alinea ketiga
d. alinea keempat

Jawaban

jawaban yang benar adalah A. Alinea pertama

Penjelasan.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 sebelumnya telah mendapat dasar dari Pembukaan UUD 1945, khususnya alinea pertama. Alinea pertama dalam Pembukaan UUD 1945 menyatakan “bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan, oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan”. Intinya, setiap bangsa di dunia berhak untuk merdeka dari penjajahan.

Jawaban yng tepat seperti paparan diatas.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment