musyawarah adalah

musyawarah adalah

Jawaban

Jawaban yang benar adalah kegiatan berdiskusi berkumpul bersama untuk membahas suatu permasalahan agar tercapai kesepakatan bersama (mufakat).

Pembahasan

Negara Indonesia adalah negara demokrasi. Sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila ke empat “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan” maka dalam menyelesaikan segala permasalahan Indonesia dapat dilakukan dengan musyawarah.

Musyawarah adalah kegiatan berdiskusi berkumpul bersama untuk membahas suatu permasalahan agar tercapai kesepakatan bersama (mufakat). Musyawarah dilaksanakan dengan memperhatikan asas mengeluarkan pendapat. Peserta musyawarah harus menghormati pendapat orang lain serta menerima hasil kesepakatan bersama.

Jadi dapat disimpulkan bahwa musyawarah adalah kegiatan berdiskusi berkumpul bersama untuk membahas suatu permasalahan agar tercapai kesepakatan bersama (mufakat).

Pertanyaan Serupa :

ada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Putri akan akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian …

A. multi kulturalisme
B. agama
C. ras
D. suku bangsa

Jawaban

Jawaban yang benar adalah D. suku bangsa.

Perlu diketahui bahwa keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, idelogi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Pakaian adat, bahasa daerah, adat istiadat, kesenian daerah, sistem kekerabatan, dan tempat asal merupakan ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya.

Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri seperti pada pakaian adat dari masing-masing daerah. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan hal inilah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.

Jadi, pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian suku bangsa.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment