Ancaman terhadap suatu wilayah NKRI merupakan ancaman terhadap segenap wilayah serta bangsa Indonesia. Pernyataan ini merupakan perwujudan wawasan nusantara sebagai suatu kesatuan

Ancaman terhadap suatu wilayah NKRI merupakan ancaman terhadap segenap wilayah serta bangsa Indonesia. Pernyataan ini merupakan perwujudan wawasan nusantara sebagai suatu kesatuan

A. Ideologi
B. Politik
C. Ekonomo
D. Sosial budaya
E. Pertahanan dan keamanan

Jawaban

Jawaban yang benar adalah (E) pertahanan dan keamanan.

Penjelasan:

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentang luas dan Sabang sampai Merauke. Negara Ri terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah negara Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya.

Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957.

Arti wawasan nusantara sebagai suatu kesatuan Pertahanan dan Keamanan mempunyai arti bahwa setiap ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah merupakan ancaman juga terhadap seluruh bangsa dan negara Indonesia. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pertanyaan Serupa :

Isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan dan ketidakadilan merupakan ancaman di bidang ….

A.Sosial dan budaya
B.Politik
C.Ekonomi
D.Ideology
E.Pertahanan dan keamanan

Jawaban

Jawaban yang benar adalah (A) sosial dan budaya.

Penjelasan:

Ancaman terhadap integrasi nasional terjadi di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, dan pertahanan dan keamanan.

Ancaman yang berdimensi sosial budaya dapat dibedakan atas ancaman dari dalam, dan ancaman dari luar. Ancaman dari dalam didorong oleh isu-isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan. Isu tersebut menjadi titik pangkal timbulnya permasalahan, seperti separatisme, terorisme, kekerasan, dan bencana akibat perbuatan manusia. Isu tersebut akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, nasionalisme, dan patriotisme.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment