sebutkan tiga syarat keberhasilan suatu integrasi nasional bagi bangsa indonesia

sebutkan tiga syarat keberhasilan suatu integrasi nasional bagi bangsa indonesia

Jawaban

Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia, rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia, dan rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara.

Cermati penjelasan berikut ya!

Istilah integrasi nasional berasal dari dua kata yaitu integrasi dan nasional. Istilah integrasi mempunyai arti pembauran/penyatuan sehingga menjadi kesatuan yang utuh / bulat. Istilah nasional mempunyai pengertian kebangsaan, bersifat bangsa sendiri, meliputi suatu bangsa seperti cita-cita nasional, tarian nasional, perusahaan nasional.

Integrasi nasional dapat diartikan penyatuan bagian-bagian yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh, atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak jumlahnya menjadi suatu bangsa.

Dengan demikian, 3 syarat keberhasilan integrasi nasional adalah sebagai berikut:

1. Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia.
2. Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia.
3. Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara.

Pertanyaan Serupa :

sarana dalam hubungan internasional adalah propaganda yang ditujukan kepada

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah rakyat.

Yuk simak pembahasan berikut.

Suatu hubungan antarbangsa dapat berlangsung dengan baik apabila di dalamnya terdapat pedoman-pedoman yang dijadikan sebagai landasan untuk berpijak. Pedoman-pedoman internasional tersebut harus dipatuhi oleh semua pihak yang bersangkutan baik secara tertulis maupun secara tidak tertulis.

Salah satu sarana dalam hubungan antarbangsa atau internasional ini adalah propaganda, di mana propaganda merupakan usaha sistematis yang dilakukan untuk mempengaruhi pikiran, emosi, serta tindakan dari suatu kelompok demi kepentingan masyarakat. Propaganda ini ditujukan kepada rakyat suatu negara bukan kepada pemerintahannya, dan hanya dilakukan demi kepentingan negara pembuat propaganda tersebut.

Dengan demikian, sarana dalam hubungan internasional adalah propaganda yang ditujukan kepada rakyat.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment