kalimat bhinneka tunggal ika diambil dari kitab

kalimat bhinneka tunggal ika diambil dari kitab

Jawaban

Jawabannya adalah kitab Sutasoma.

Yuk simak pembahasan berikut.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Kalimat ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Kalimat ini juga merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuno yaitu Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14 di bawah pemerintahan Hayam Wuruk atau Sri Rājasanagara. Kakawin ini memiliki keistimewaan karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Buddha.

Jadi, kalimat bhinneka tunggal ika diambil dari kitab Sutasoma, karangan Mpu Tantular.

 

Pertanyaan Serupa :

setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara adalah merupakan yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia pasal…..

A. 27 ayat 2
B. 27 ayat 3
C. 30 ayat 1
D. 30 ayat 2

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah B. 27 ayat 3.

Simak pembahasannya yuk.

Hak adalah kesempatan atau sesuatu yang pantas kita dapatkan bahkan sejak masih didalam kandungan. Sedangkan kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang dimanapun ia berada. Hak dan kewajiban kita sebagai warga negara juga tercantum dalam UUD 1945.

Salah satu hak dan kewajiban warga negara yaitu melakukan upaya bela negara. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 tepatnya pada pasal 27 ayat 3 yang berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”. Dengan menerapkan peraturan tersebut kita dapat membantu mempertahankan negara dari berbagai ancaman baik dari luar maupun dari dalam.

Jadi, jawaban untuk soal yang kamu tanyakan adalah B. 27 ayat 3.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment