Informasi mengenai masuknya agama dan kebudayaan islam di Indonesia antara lain berasal dari seorang musafir terkenal asal Italia bernama

Informasi mengenai masuknya agama dan kebudayaan islam di Indonesia antara lain berasal dari seorang musafir terkenal asal Italia bernama…

Jawaban

Jawabannya adalah Marco Polo.

Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di nusantara yang berkuasa dari abad ke-13 hingga abad ke-16. Samudera Pasai terletak di pesisir utara Sumatera, lebih tepatnya di Kota Lhokseumawe, Aceh. Dalam catatan perjalanan Ibnu Batuthah yang berjudul Tuhfat al-Nazha, ia menuturkan, pada masa itu Samudera Pasai telah beralih menjadi pusat studi Islam di kawasan Asia Tenggara.

Jauh sebelum Ibnu Batuthah itu menginjakkan kakinya di kerajaan Muslim pertama di nusantara itu, seorang penjelajah asal Venezia, Italia yang bernama Marco Polo, telah mengunjungi Samudera Pasai pada 1292 M.

Marco Polo mengunjungi ke Samudera Pasai saat menjadi pemimpin rombongan yang membawa ratu dari Cina ke Persia. Bersama dua ribu orang pengikutnya, Marco Polo singgah dan menetap selama lima bulan di Aceh.

Dengan demikian, seorang musafir terkenal asal Italia bernama Marco Polo.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment