Apa itu artefak dan prasasti

Apa itu artefak dan prasasti?

Jawaban

Jawabannya adalah artefak merupakan benda bersejarah yang bisa dipindahka, sedangkan prasasti merupakan dokumen yang ditulis pada bahan yang keras.

Prasasti dan artefak memang merupakan peninggalan bersejarah. Namun, keduanya memiliki perbedaan. Artefak merupakan benda arkeologi, yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan.

Contoh artefak adalah alat-alat batu, logam dan tulang, gerabah, prasasti lempeng dan kertas, senjata-senjata logam (anak panah, mata panah, dll), terracotta dan tanduk binatang. Sedangkan prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama.

Prasasti merupakan maklumat yang dipahatkan pada batu, logam, daun tal (rontal atau lontar) dan kayu, dan bahan lainnya, dirumuskan menurut kaidah-kaidah tertentu dan berisikan suatu anugerah atau hak istimewa yang dikeluarkan oleh raja atau pejabat kerajaan sejak abad ke-5 M dan merupakan keputusan yang mengikat.

Contoh prasasti Citarum, prasasti Kutai, prasasti Kebun Kopi, dan lain-lain.

Jadi artefak merupakan benda bersejarah yang bisa dipindahka, sedangkan prasasti merupakan dokumen yang ditulis pada bahan yang keras.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment