munculnya pemerintahan orde baru dilatar belakangi oleh

lahirnya pemerintahan orde baru dan naiknya soeharto sebagai presiden republik indonesia tidak dapat dilepaskan dari peristiwa gerakan 30 september g 30 spki. peristiwa ini juga menjadi titik awal berakhirnya masa pemerintahan orde lama dan menjadi awal munculnya orde baru. munculnya pemerintahan orde baru dilatar belakangi oleh….

Jawaban

Jawaban: Munculnya Supersemar karena ketidakstabilan dari perpolitikan dan perekonomian di Indonesia

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Pasca Indonesia mengubah sistem pemerintahan menjadi sistem Terpimpin situasi politik semakin panas. PKI mendapat angin segar selama masa Demokrasi Terpimpin yang mengundang persaingan dengan kelompok yang berhaluan Islam, Nasionalis hingga para elit Angkatan Darat.

Puncaknya adalah peristiwa G30 S/PKI yang semakin menghilangkan kepercayaan rakyat terhadap Presiden Soekarno yang dirasa mendukung PKI karena tidak melakukan tindakan apapun mengenai pemberontakan ini.

Ditambah dengan situasi dan kondisi ekonomi Indonesia yang semakin keos, bayangkan saja inflasi Indonesia mencapai 600%. Alhasil munculnya beragam aksi demonstrasi menuntut Soekarno untuk turun dari jabatan Presiden. Kemundurannya benar-benar terjadi dikala Presiden Soekarno menandatangai Surat Perintah Sebelas Maret yang menjadi dasar Soeharto menjadi Presiden.

Dengan demikian, munculnya pemerintahan orde baru dilatar belakangi oleh hadirnya Supersemar karena situasi politik yang kondisi ekonomi Indonesia yang tidak stabil.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment