Tokoh agama yang termasuk pemimpin Putera adalah

Tokoh agama yang termasuk pemimpin Putera adalah…

a. K.H. Wachid Hasjim
b. Drs. Moh. Hatta
c. K.H. Mas Mansyur
d. Ki Hajar Dewantara

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah C. K.H. Mas Mansyur

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini

Kiai Haji Mas Mansoer adalah seorang tokoh Islam dan pahlawan nasional Indonesia. Kiai Haji Mas Mansoer bersama Soeakrno, Hatta dan Ki Hajar Dewantara membentuk empat serangkai yang mendorong terbentuknya Putera.

Soekarno dan Hatta saat itu sudah dikenal sebagai tokoh politik dari golongan nasionalis. Sementara KH Mas Mansyur dari golongan Islam. Mas Mansyur yang berasal adri Surabaya adalah ulama Muhammadiyah yang sebelumnya adalah anggota Sarekat Islam. Adapun Ki Hajar Dewantara, dikenal sebagai pelopor pendidikan yang mendirikan Taman Siswa, sekolah pribumi yang tertua di Indonesia.

Pusat Tenaga Rakyat atau Putera merupakan organisasi yang didirikan pada 16 April 1943 atau pada masa pendudukan Jepang. Putera dipimpin oleh “Empat Serangkai”, yakni Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hadjar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur.

Tujuan Putera adalah untuk membangun dan menghidupkan kembali segala sesuatu yang telah dihancurkan oleh Belanda. Seiring berjalannya waktu, Putera dimanfaatkan oleh pemimpin-pemimpin nasionalis untuk mempersiapkan ke arah kemerdekaan serta tidak digunakan sebagai usaha mengerahkan masa untuk membantu Jepang.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment