Selama Daendels berkuasa di Indonesia banyak terjadi kelaparan dan kematian sebab ia melaksanakan dengan kebijakan

Selama Daendels berkuasa di Indonesia banyak terjadi kelaparan dan kematian sebab ia melaksanakan dengan kebijakan…

Jawaban

Menerapkan kebijakan sistem kerja paksa (kerja rodi) dan membangun fasilitas pemerintahan. Membangun jalan pos Anyer-Panarukan sepanjang 1.000 km. Membangun pelabuhan di Anyer dan Ujung Kulon dan membuat kapal perang berukuran kecil. Melakukan penjualan tanah rakyat kepada swasta atau pihak asing.

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini

Kerja Rodi (Heerendiensten) adalah sebuah kebijakan perburuhan yang diterapkan pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda di Nusantara. Kerja paksa sangat digalakkan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels, yang berkuasa antara tahun 1808-1811.

Dalam masa pemerintahannya, Daendels menerapkan kerja rodi dalam banyak proyek,mulai dari membangun pabrik senjata di Semarang dan Surabaya, hingga membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan dengan panjang mencapai 1.100 km.

Akibat pembangunan jalan raya tersebut, banyak rakyat Indonesia yang meninggal dunia. Selain pabrik dan jalan raya, rakyat Indonesia juga diminta untuk membangun benteng-benteng pertahanan. Selain membangun benteng-benteng pertahanan, Daendels juga melakukan beberapa kegiatan untuk mencapai tujuannya di bidang pertahanan dan keamanan, termasuk meningkatkan jumlah tentara.

Kegiatan ini sontak mengubah image Daendels. Jika dulu dia dikenal sebagai seorang pemuda yang memegang teguh semboyan Revolusi Prancis, setelah semua itu terjadi, dia menjadi seorang pemuda yang kejam dan diktator.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment