Pada tahun berapa Belanda datang ke Indonesia

Pada tahun berapa Belanda datang ke Indonesia?

Jawaban

Jawabannya adalah tahun 1596

Pembahasan :

Belanda pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1596 dipimpin oleh Cornelis de Hotman mendarat di Banten. Kedatangan rombongan Cornelis de Houtman, pada mulanya diterima baik oleh masyarakat Banten dan juga diizinkan untuk berdagang di Banten.

Namun, karenanya sikap yang kurang baik sehingga orang Belanda kemudian diusir dari Banten. Selanjutnya, orang-orang Belanda meneruskan perjalanan ke timur akhirnya sampai di Bali Rombongan kedua dari Negeri Belanda.

Rombongan Belanda ke dua datang ke Indonesia pada tahun 1599 dibawah pimpinan Jacob van Neck dan Van Waerwyck mendarat di Banten. Sementara itu hubungan Banten dengan Portugis sedang memburuk sehingga kedatangan bangsa Belanda diterima dengan baik.

Pada kedatang kedua Belanda bersikap hati-hati dan pandai mengambil hati para penguasa Banten sehingga tiga buah kapal mereka penuh dengan muatan rempah-rempah dikirim ke Negeri Belanda, sedangkan lima buah kapalnya yang lain menuju ke Maluku.

Keberhasilan rombongan Van Neck dalam perdagangan rempah-rempah, mendorong orang-orang Belanda yang lain untuk datang ke Indonesia. Akibatnya terjadi persaingan di antara pedagang-pedagang Belanda sendiri. Di samping itu, Belanda juga harus menghadapi persaingan dengan Portugis, Spanyol, dan Inggris.

Untuk mengatasi hal ini, Olden Barneveld menyarankan untuk membentuk perserikatan dagang yang mengurusi perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1602 secara resmi terbentuklah Vereenigde Oost Indiesche Compagnie (VOC) atau Perserikatan Dagang Hindia Timur. VOC membuka kantor dagangnya yang pertama di Ambon (1602) di kepalai oleh Francois Wittert.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment