Konflik diberbagai negara menjadi objek dari pengiriman misi Garuda Indonesia. Hikmah yang dapat kita petik dari kondisi negara-negara yang bersengketa tersebut adalah

Konflik diberbagai negara menjadi objek dari pengiriman misi Garuda Indonesia. Hikmah yang dapat kita petik dari kondisi negara-negara yang bersengketa tersebut adalah ….

A. tumbuhnya kepercayaan pemuda Indonesia untuk terlibat dalam perdamaian dunia
B. menjadi pembelajaran bagi Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan
C. Indonesia mendapatkan pengakuan internasional dalam mengemban tugas perdamaian
D. menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam membutuskan sebuah kebijakan publik
E. kesempatan mempererat hubungan diplomatic dengan negara yang menjadi objek misi

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah yang B.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Setelah Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1945, mulai keluar konsep politik luar negeri bebas aktif yang dicetuskan Bung Hatta, dengan latar belakang munculnya 2 kekuatan politik dunia yaitu AS dan Soviet. Salah satu perwujudan dari politik luar negeri bebas aktif adalah dengan membentuk Misi Garuda di bawah naungan PBB dengan mengirim pasukan yang disebut Kontingen Garuda.

Kontingen Garuda adalah pasukan penjaga perdamaian di negara-negara yang sedang berkonflik, anggotanya diambil dari militer Indonesia yang bertugas dibawah naungan DK PBB. Pasukan Misi Garuda terdiri dari tentara, kepolisian, dan masyarakat sipil Indonesia.

Hikmah yang dapat kita petik dari kondisi negara-negara yang bersengketa tersebut adalah mendapatkan pembelajaran bagi Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. mendapatkan pembelajaran bagi Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment