fungsi dan kedudukan dpr digantikan oleh knip yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum mpr dan dpr terbentuk

Pada awal kemerdekaan, bangsa indonesia belum memiliki dewan perwakilan rakyat (dpr). fungsi dan kedudukan dpr digantikan oleh knip yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum mpr dan dpr terbentuk. atas usulan knip pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal 3 november 1945 tentang pembentukan partai-partai politik. berdasarkan ilustrasi tersebut dapat disimpulkan keterkaitan antara usulan knip dengan pembentukan partai-partai politik adalah ….

Jawaban

KNIP memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai-partai politik.

Pembahasan:

Bangsa Indonesia tidak memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada awal kemerdekaannya. Fungsi dan letak DPR digantikan oleh KNIP yang mempunyai fungsi sebagai pembantu presiden sebelum MPR dan DPR terbentuk. Pada tanggal 3 November 1945, atas usul KNIP, pemerintah mengeluarkan maklumat tentang Pembentukan Partai Politik.

Komite Nasional Indonesia Pusat (sering disingkat dengan KNIP) dibentuk berdasarkan Pasal IV, Aturan Peralihan, Undang-Undang Dasar 1945 dan dilantik serta mulai bertugas sejak tanggal 29 Agustus 1945 sampai dengan 15 Februari 1950. KNIP merupakan Badan Pembantu Presiden, yang keanggotaannya terdiri dari pemuka-pemuka masyarakat dari berbagai golongan dan daerah-daerah termasuk mantan Anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

KNIP ini diakui sebagai cikal bakal badan legislatif di Indonesia, sehingga tanggal pembentukannya diresmikan menjadi Hari Jadi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Kesimpulan:

Berdasarkan ilustrasi tersebut dapat disimpulkan keterkaitan antara usulan KNIP dengan pembentukan partai-partai politik adalah memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai-partai politik, hal itu ditandai dengan dikeluarkannya Maklumat tentang Pembentukan Partai Politik.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment