yang dimaksud dengan revolusi neolithik atau revolusi kehidupan pada masa manusia purba adalah perubahan dari

yang dimaksud dengan revolusi neolithik atau revolusi kehidupan pada masa manusia purba adalah perubahan dari….

Jawaban

Revolusi Neolitik adalah perubahan besar yang terjadi pada zaman Neolitikum, saat kehidupan manusia mulai mengenal budidaya tanaman dan penjinakan hewan, yang berakibat perubahan budaya manusia dari nomaden (berpindah pindah) menjadi menetap dan dari pola kehidupan berburu-mengumpul (hunter-gatherer) menjadi bertani.

Pembahasan:

Revolusi Neolitik menyebabkan perubahan budaya manusia dari food gathering (mengumpulkan makanan) menjadi food producing (menghasilkan makanan). Periode ini disebut sebagai “revolusi” karena mengubah cara hidup masyarakat secara signifikan.

Pada manusia prasejarah yang berbeda pada wilayah yang berbeda, umumnya antara 9-7 ribu tahun yang lalu pada masa Neolitikum (Zaman Batu Muda).

Revolusi Kebudayaan Zaman Neolitikum
Zaman neolitikum atau zaman batu muda di Indonesia terjadi sekitar 1.500 SM, Di zaman ini pula terjadi revolusi kebudayaan.

Yang dimaksud revolusi kebudayaan adalah perubahan secara menyeluruh yang berlangsung cepat dan terjadi pada zaman prasejarah akhir, di mana masyarakat mulai menggunakan cara-cara baru untuk bertahan hidup.

Benda-benda peninggalan pada zaman neolitikum di antaranya adalah:

1. Kapak Persegi
2. Kapak Lonjong
3. Mata Panah
4. Gerabah

Kesimpulan:

Bedasarkan pembahasan di atas Revolusi neolitik perubahan manusia dari segi budaya dan kehidupan.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment