Apa alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan

Apa alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan?

Jawaban

Alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan tercantum jelas dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama yang berbunyi:

“Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Bangsa Indonesia berusaha membebaskan diri dari belenggu penjajah karena kemerdekaan adalah hak seluruh bangsa tanpa terkecuali. Indonesia berhak menjalani kehidupan yang bebas, aman, sejahtera, tanpa tekanan dari pihak mana pun.

Alasan merebut kemerdekaan juga tercatat dengan jelas dalam alinea empat, yaitu:”Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia…”

Alinea tersebut menjelaskan bahwa kemerdekaan Indonesia diraih demi negara dan masa depan seluruh masyarakat. Kemerdekaan ini juga didasari keinginan untuk melindungi Tanah Air agar rakyat merasa aman, nyaman, dan sejahtera di negaranya sendiri.

Di sisi lain, perjuangan kemerdekaan juga dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuannya agar masyarakat Indonesia dapat memajukan dan membangun negara.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment