Apa makna peristiwa Rengasdengklok bagi Proklamasi Kemerdekaan

Apa makna peristiwa Rengasdengklok bagi Proklamasi Kemerdekaan?

Jawaban

Peristiwa ini memiliki makna bahwa kaum muda yang dipimpin oleh Sutan Syahrir ingin agar Ir. Soekarno segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu kaum muda ingin agar Ir. Soekarno tidak terpengaruh iming iming jepang yang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Pembahasan:
Pada tahun 1945, salah satu taktik Jepang agar Bangsa Indonesia mau menurut adalah dengan menjanjikan kemerdekaan. Salah satu caranya Jepang adalh membentuk panitia kemerdekaan yang bermama BPUPKI.

Melihat hal itu Sutan Syahrir selaku pemimpin kaum muda melihat bahwa kemerdekaan adalah hasil perjuangan, bukannya pemberian dari kaum kolonial. Oleh karena itu mereka menculik Bung Karno dan Bung Hatta ke rengas dengklok agar memproklamirkan kemerdekaan lebih cepat.

Semua ini karena kaum muda mendengar bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu melalui siaran radio. Dan mereka juga mewaspadai bahwa Jepang tidak memiliki lagi kekuatan untuk memberikan kemerdekaan. Di samping itu juga kewaspadaan atas kembalinya Belanda yang membonceng sekutu.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment