Konsep geografi yang berkaitan dengan medan atau aksesibilitas suatu wilayah untuk dicapai menggunakan sarana transportasi disebut konsep

Konsep geografi yang berkaitan dengan medan atau aksesibilitas suatu wilayah untuk dicapai menggunakan sarana transportasi disebut konsep ….

Jawaban

jawaban dari soal ini adalah Konsep Keterjangkauan.

Konsep esensial dalam geografi berguna untuk menggambarkan corak abstrak fenomena esensial dari objek material geografi. Konsep geografi ada 10 salah satunya yaitu Konsep Keterjangkauan.

Konsep keterjangkauan meliputi seberapa mudah suatu lokasi dapat diakses dari lokasi lainnya. Aksesibilitas biasanya berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang transportasi pada tempat tersebut. Selain itu, keterjangkauan juga meninjau aspek fisik seperti topografi dan bentang alam yang ada pada wilayah tersebut. Sebagai contoh, harga sembako di Papua dan pulau-pulau terpencil biasanya jauh lebih mahal dari harga sembako di Jawa. Perbedaan harga sembako itu terjadi karena kawasan Papua dan pulau-pulau terpencil jauh lebih sulit terjangkau dari lokasi produsen daripada wilayah kota-kota di Jawa.

Maka, bisa disimpulkan bahwa konsep geografi yang berkaitan dengan medan atau aksesibilitas suatu wilayah untuk dicapai menggunakan sarana transportasi disebut konsep keterjangkauan.

 

Pertanyaan Lain :

Leave a Comment